• Laboratorium
  • Programming

Mengapa IMT UC?

Visi
Menjadi sebuah alar studi yang menghasilkan lulusan dengan keahlian di bidang teknologi informasi yang memiliki pola pikir entrepreneurial dan berkarakter baik dan unggul sehingga mampu memberikan dampak positif bagi bangsa dalam menjawab tantangan perubahan zaman dimana teknologi informasi menjadi kebutuhan mutlak.

Misi
Mengembangkan strategi pembelajaran yang mendukung terbangunnya semangat entrepreneurial di bidang teknologi informasi dimana keahlian secara teknis dan pengembangan karakter harus seimbang dengan didukung oleh sarana dan prasara yang memadai.
Meningkatkan kualitas SDM pengajar melalui pelatihan dan penelitian sehingga mampu menciptakan perkuliahan yang sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhan industri.
Mendorong kerjasama dengan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi.
Melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk pemberdayaan usaha kecil dan menengah memanfaatkan solusi teknologi informasi

Pendidikan Teknik Informatika yang menghasilkan seorang Sarjana yang memiliki kemampuan di bidang Teknologi Informasi dan Multimedia yang bisa menciptakan berbagai produk inovatif serta memiliki pola pikir entrepreneurial.

Secara umum profil lulusan Program Studi Teknik Informatika Universitas Ciputra peminatan Information & Multimedia Technology adalah sebagai berikut:

  • Technopreneurs/wirausahawan di bidang Teknologi Informasi dan Multimedia
    • Web Development Studio
    • Game Studio
    • Mobile Apps Producer
    • Embedded System Developer
    • Computer Vision Developer
    • Software House
    • IT Consultant
  • Intrapreneur atau professional di bidang Teknologi Informasi dan Multimedia:
    • Web Developer
    • Game Developer
    • Mobile Apps Developer
    • Embedded System Developer
    • Computer Vision Developer
    • Selain itu juga dapat bekerja sebagai: Programmer, System Analyst, System & Database Designer, Peneliti, Akademisi.
Unique Teaching Method with Curriculum Guidance & Entrepreneurship Skills

Pembentukan Spirit Entrepreneurial sejak awal merupakan misi dan keunikan mendasar dari UC. Sementara universitas lain masih berfokus untuk menciptakan pekerja terlatih, UC telah membentuk pencipta lapangan kerja.
Selama 4 tahun, pengajaran kurikulum setiap alur studi dikemas dengan spirit Entrepreneurial sehingga menjadikannya sebuah sistem belajar mengajar yang unik dan mampu meningkatkan keahlian serta kemampuan soft skill mahasiswa pada waktu yang bersamaan.

Real Entrepreneurial Experiences

Model pengajaran UC adalah menghadirkan dunia nyata dalam setiap kegiatan kampus. Bagaikan laboratorium hidup, UC melatih anak didiknya untuk berhadapan langsung dengan kasus nyata dalam suatu industri dan organisasi di Grup Ciputra maupun jaringan bisnisnya.
Dengan sistem pembelajaran Problem and Project Based Learning (PBL), setiap mahasiswa diasah kecakapan Entrepreneurship-nya melalui proyek yang berdasar dengan problem nyata. Sistem ini membuat mahasiswa berpikir secara kreatif hingga dapat menciptakan kreasi baru.

Mentoring Program & Venture Capital for Alumni

Sesuai dengan visinya, UC memberikan apresiasi kepada alumninya dalam bentuk bantuan permodalan & mentoring. Proses mentoring selalu diberikan kepada mahasiswanya dan dengan adanya Inkubator Bisnis membuat mahasiswa lebih fokus dalam pembelajaran Entreprenurship tanpa adanya ketakutan akan kegagalan yang besar.
Yayasan juga akan menyediakan Bantuan Modal dengan skema Venture Capital kepada Proposal Inovasi Bisnis Mahasiswa tingkat akhir yang terpilih sehingga bermanfaat bagi calon Entrepreneur muda untuk memulai bisnis barunya.

Creating Synergy and Unlimited Opportunity in Ciputra Group Networking

Kiprah bisnis Grup Ciputra selama hampir 50 tahun telah menciptakan jaringan kerjasama yang sangat menguntungkan. Jaringan kerjasama perusahaan dan organisasi dalam lingkup lokal maupun internasional mencakup berbagai jenis industri seperti real estate, manufaktur, layanan jasa dan telekomunikasi, media maupun organisasi profit dan non-profit. Selain jaringan industri, UC juga telah mengadakan kerjasama dengan institusi pendidikan baik dalam maupun luar negeri serta organisasi yang bergerak dalam bidang pengembangan kewirausahaan.
Melalui kerjasama tersebut, mahasiswa akan mendapat kesempatan praktek bahkan mengembangkan jaringannya untuk merintis perusahaan pada masa mendatang.

Expertise Lecturer in Academic with Entrepreneurial Mindset

Tim tenaga pengajar di Universitas Ciputra terdiri dari dosen yang kompeten dalam bidangnya dan memiliki jiwa Entrepreneurial. Sebagian pengajar bahkan merupakan Entrepreneur di bidangnya. Kombinasi kedua kompetensi tersebut akan memampukan mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan akademik yang sudah berbaur dengan jiwa Entrepreneurial yang dapat langsung dipraktekkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Teknik Informatika Universitas Ciputra Program Peminatan Information & Multimedia Technology (IMT)

Kebutuhan akan Teknologi Informasi sangat meningkat dewasa ini, diantaranya termasuk kebutuhan akan teknologi internet, untuk mendukung dan memudahkan performa dalam bisnis/perusahaan, akademik, pemerintahan, dan sosial. Selain itu industri media digital dan games kini juga berkembang dengan marak dan pesat.

Alur studi Information & Multimedia Technology (IMT) hadir untuk menjawab tantangan dan peluang tersebut. IMT mencetak Entrepreneur yang mampu menghasilkan produk-produk Teknologi Informasi (TI) dan Multimedia lainnya dengan standar Internasional.

IMT bertujuan untuk mengajarkan pengetahuan dan ketrampilan membuat aplikasi komputer (software), web, multimedia dan games yang relevan dengan kebutuhan dunia nyata. Teknologi dan tools spesifik yang digunakan antara lain adalah Java (J2SE, J2ME, J2SE), Oracle, Cisco System, Linux, Adobe System dan Autodesk 3D. IMT membimbing mahasiswa untuk mengasah ketrampilan berpikir kritis, logika, dan pemecahan masalah yang akan digunakan dalam pembuatan sebuah produk TI. Mahasiswa juga memperoleh pengetahuan dan ketrampilan dalam merancang dan menganalisa sistem, merancang dan mengelola infrastruktur TI, kecerdasan buatan, dan pembuatan narasi dalam multimedia.

Untuk menjadi seorang Entrepreneur, maka lulusan diberi ketrampilan hidup dan berorganisasi (komunikasi, cara belajar, etika, kerjasama, kepemimpinan, manajemen,dll), pembentukan karakter dan ketrampilan entrepreneurial (inovasi, membangun jejaring, kepekaan pada pasar, berani mengambil resiko), serta dasar-dasar bisnis.

Dengan kombinasi pengajar profesional, entrepreneur, dan akademisi berpengalaman, metode pembelajaran di IMT menjadi interaktif serta seimbang antara teori dan praktek. Tugas/proyek di perkuliahan dirancang sedemikian rupa agar mahasiswa belajar mengaitkan ilmu yang dipelajari dengan prospek bisnis yang nyata. Beberapa perusahaan terlibat langsung dalam perkuliahan baik sebagai vendor atau client. Pada beberapa mata kuliah mahasiswa memperoleh sertifikat Oracle Academy, Cisco System, dan SAP.

Partner Kami